Sunday 7 September 2014

Pengertian Inovasi Pendidikan

Inovasi muncul dari bahasa latin yang artinya pembaharuan. Inovasi akan mengarahkan pada perubahan atau perbaikan yang lebih baik dan dilakukan dengan terencana dan sengaja. Sedangkan inovasi pendidikan memiliki fungsi untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan masalah pendidikan. Pengertian dari inovasi pendidikan adalah alat yang berupa ide, gagasan, metode, barang yang berfungsi untuk memecahkan masalah dan mencapai tujuan pendidikan.

Inovasi tidak hanya diperlukan dalam bidang pendidikan saja tetapi juga dalam berbagai bidang, misalnya bidang teknologi dan bisnis. Di dalam berbagai jenjang pendidikan dan komponen pendidikan perlu diterapkan inovasi yang baik.

Guru wajib memiliki inovasi-inovasi, tidak hanya memiliki tetapi juga harus mampu menerapkanya. Lembaga pendidikan yang maju biasanya dipengaruhi oleh outputnya yaitu siswa. Nantinya diharapkan akan memperoleh pengakuan dari orangtua. Tujuan inovasi yaitu untuk meningkatkan berbagai macam sumber-sumber, diantaranya sarana, uang, tenaga, struktur dan prosedur organisasi.

Baca artikel menarik lainnya:
pembelajaran quantum learning
strategi pembelajaran bahasa arab
definisi perencanaan pembelajaran menurut para ahli
model pembelajaran demonstrasi
makalah pembelajaran inovatif.
model pembelajaran generatif learning
bahan pembelajaran.





No comments:

Post a Comment