Thursday 25 September 2014

Membangun karakter anak dari kecil

Terkadang ada yang bertanya, kapan seseorang dapat sukses? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah ketika masih usia dini. Apakah benar hal itu? Berikut akan dipaparkan beberapa fakta yang telah dilakukan oleh beberapa peniliti di dunia ini.

Perkembangan otak mencapai 80% terjadi ketika usia antara 0 sampai 6 tahun. Ketika pada usia tersebut maka akan terjadi proses pembelajaran dimana otak akan menyerap dan menerima banyak informasi baik yang baik maupun buruk.

Masa tersebut adalah masa dimana perkembangan fisik akan terbentuk, di samping itu perkembangan mental dan spiritual anak juga akan terbentuk. Banyak istilah yang menyebutkan bahwa masa tersebut adalah masa keemasan atau golden age.

Brazelton dari Amerika adalah seorang ahli dalam perkembangan dan perilaku anak, ia menjelaskan bahwa di bulan pertama dan tahun pertama pengalaman anak sangat menentukan seorang anak memiliki semangat dan kemampuan untuk menghadapi setiap tantangan yang terjadi dalam kehidupan. Pada masa ini diperlukan peran orangtua untuk memberikan pendidikan karakter yang baik kepada anak.

Artikel menarik lainnya:

No comments:

Post a Comment