Friday 12 September 2014

Pendidikan di Indonesia

Pendidikan di Indonesia merupakan semua pendidikan yang terselenggara di negara Indonesia. Pendidikan di Indonesia secara struktural adalah tanggung jawab dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk pendidikan dasar di Indonesia adalah 9 tahun. Jadi diwajibkan bagi seluruh penduduk untuk menempuh pendidikan selama sembilan tahun. Peraturan yang melandasi program wajib belajar ini adalah UU No 20 Tahun 2003.

Ada 3 jalur utama di dalam pendidikan Indonesia yaitu jalur formal, non formal dan informal. Sedangkan jenjang pendidikan terbagi ke dalam empat tahap, yaitu PAUD, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, dan Sekolah Tinggi.

Pendidikan adalah salah satu modal supaya bangsa dapat bersaing dengan negara maju dalam kancah internasional. Semakin tingginya tantangan global maka dunia pendidikan juga mengalami tantangan yang semakin besar. Di Indonesia masih terdapat beberapa kendala dalam dunia pendidikan, diantaranya akses pendidikan yang masih terbatas, belum meratanya jumlah guru, dan kurangnya kompetensi guru. Akses pendidikan yang masih terbatas menyebabkan tingginya arus urbanisasi di Indonesia. Mereka pergi ke daerah yang lebih maju untuk mendapatkan pendidikan yanglebih baik.

Menurut Anies Baswedan, pangkal dari arus urbanisasi adalah terbatasnya akses pendidikan di daerah-daerah. Kondisi ini tentu saja menyebabkan masyarakat di daerah rela berpindah tempat tinggal ke kota untuk mendapatkan fasilitas yang lebih baik. Ini tentunya harus mendapatkan perhatian dan pembenahan dari pemerintah. Untuk informasi selengkapnya mengenai pendidikan di Indonesia silahkan kunjungi http://www.informasi-pendidikan.com/

Kunjungi artikel pendidikan menarik lainnya:

Mengenal sekolah alam
administrasi sekolah dasar
manajemen sekolah dasar
tujuan pembelajaran matematika
model pembelajaran tgt
pembelajaran kooperatif tipe stad
strategi pembelajaran paud





No comments:

Post a Comment